Friday, September 25, 2015

Tips menghilangkan kerak bekas gosong pada panci/wajan

Tips menghilangkan kerak bekas gosong pada panci/wajan

Tips menghilangkan kerak bekas gosong pada panci/wajan

Tergadang kita sering kesal dengan keadaan panci atau wajan  yang gosong atau berkerak. Bekas gosong ini susah sekali hilang. Perlu tenaga super keras untuk menghilangkan noda hitam bekas gosong ini. Jika ini tidak dibersihkan dengan sempurna, ketika digunakan memasak akan mempengaruhi cita rasa dari masakan yang kita buat. Maka dari itu penting sekali masalah kebersihan wajan dan panci ini.

Pada kali ini kita akan berbagi tips cara membersihkan bagian wajan atau panci yang gosong dengan mudah dan praktis jadi anda sekarang tak perlu kawatir lagi. Silahkan simak tipsnya berikut ini:
  1. Setelah digunakan memasak (gosong), langsung isi panci atau wajan dengan cairan pencuci piring yang dilarutkan dengan air panas. Rendamlah bagian panci/wajan yang gosong selama 10 menit.
  2. Jika bekas gosong dari sisa makanan masih sulit diangkat, buang air yang sudah mulai mendingn, lalu ganti dengan air panas yang baru. Tambahkan ciran pencuci piring lagi diamkan dengan waktu yang lebih lama.
  3. Setelah sisa makanan mulai terangkat, gosok bekas yang gosong tersebut dengan perlahan hingga semua kerak hitam terangkat dan bersih.
selain menggunakan sabun pencuci piring seperti tips di atas, kita juga bisa menghilangkan noda gosong pada wajan/ panci dengan baking soda atau bisa juga dengan cuka. Baking soda dan cuka bisa membantu anda membersihkan peralatan dapur.

Cara menghilangkan noda gosong dengan baking soda adalah dengan merendam wajan atau panci gosong dengan air soda (air yang diberi baking soda) selama beberapa jam tergaantung dari banyak dan tebalnya kerak noda gosong pada panci. Setelah kerak terangkat gosok dengan perlahan kemudian cuci sampai benar-benar bersih.

Jika cara tersebut belum ampuh juga, anda bisa mencoba cara yang ketiga yaitu dengan larutan cuka. Larutan cuka juga bisa membersihkan kerak gosong pada panci. Caranya isi wajan/panci dengan air  yang sudah dicampur dengan cuka dengan perbandingan 3:1 kemudian masak hingga mendidih. Angkat lalu tambahkan dengan baking soda dan biarkan hingga terbentuk golembung soda. Tunggu selama 10 menit lalu gosong perlahan sampai bersih dan kinclong.

No comments:

Post a Comment