Wednesday, August 12, 2015

Kelebihan dan kekurangan alat masak teflon

Kelebihan dan kekurangan alat masak teflon

Kelebihan dan kekurangan alat masak teflon

Alat memasak teflon adalah sebutan untuk alat masak anti lengket (non stick cookware). Produk alat masak dari bahan teflon sangat terkenal di Indonesia, Hampir semua ibu rumah tangga menggunakan alat memasak dari teflon mulai dari panci, wajan hingga rice cooker. Akan tetapi sebelum memutuskan pilihan untuk memilih produk teflon, anda harus mempertimbangkan terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari produk alat masak teflon ini.

Kelebihan Teflon

Ada beberapa keunggulan dari bahan dasar teflon ini yang sangat membantu kinerja para ibu rumah tangga ketika memasak di dapur. Apa sajakah kelebihan dari alat masak teflon tersebut? Mari kita simak selengkapnya berikut ini :

Nyaman

Alat memasak dari teflon sangat nyaman digunakan sehingga para ibu senang dengan produk teflon. Saat memasak dengan teflon ibu dipermudah dengan lapisan anti lengketnya sehingga masakan tidak lengket  di panci atau wajan. Hasil dari penggorengan atau penumisan pun menjadi lebih cantik.

Mudah dibersihkan

Selain nyaman digunakan, produk teflon juga mudah untuk dibersihkan sehingga para ibu tidak perlu khawatir repot ketika membersihkan noda minyak bekas memasak di panci atau wajan teflon. Cara membersihkan teflon tidak sama dengan panci biasanya.

Untuk mencuci teflon harus menunggu hingga panci atau wajan dingin terlebih dahulu kemudian baru diguyur dengan air bersih lalu dilap dengan kain. Jika wajan berminyak basuh dengan sabun menggunakan spon halus kemudian bilas lalu lap. Jangan sekali-kali mencuci panci atau wajan teflon pada waktu panas karena hal ini akan menyebabkan lapisan teflon mengelupas.

Hemat minyak goreng

Memasak dengan menggunakan panci teflon akan sangat membantu para ibu di rumah untuk menghemat uang belanja. Sebab dengan panci atau wajan teflon, kita tidak memerlukan banyak minyak goreng untuk memasak. Selain hemat kita juga bisa melindungi keluarga kita dari bahaya kolesterol dan lemak yang berbahaya bagi tubuh.

Kekurangan teflon

Selain banyak kelebihannya, teflon juga memiliki kekurangan. Hal ini bisa jadi pertimbangan anda ketika akan membeli sebuah wajan atau panci teflon sebagai peralatan masak dapur anda. Berikut adalah beberapa kekurangan dari produk alat masak teflon :
  1. Harganya mahal
  2. ketika teflon aus atau lapisan anti lengketnya terkelupas, maka tidak boleh digunakan kembali. Karena makanan akan tercampur dengan bahan kimia. Sehingga beresiko tinggi mengganggu kesehatan.
  3. Kurang awet karena pemakaiannya tidak tahan lama. Jika teflon tergores maka tidak dapat digunakan lagi.

1 comment:

  1. terimakasih tipsnya, sebagai orang yang sering berara di dapur tentunya kita juga ingin membuat makanan yang sehat dengan alat-alat yang tentunya berkualitas dan tidak berbahaya, saya juga bisanya membeli barang yang sedang trending seperti teflon anti karat yang tentunya bisa debeli dengan kupon promo shopee

    ReplyDelete